Jasa Pendirian PT di Jakarta Timur

Jasa Pendirian PT di Jakarta

Sistem Mendirikan Perseroan Terbatas

Jasa Pendirian PT di Jakarta Timur, Bisa mendirikan PT (Perseroan Terbatas) merupakan salah satu keinginan banyak usahawan yang mau usahanya maju dan berkembang menjadi lebih besar dalam jangka waktu yang lama. Alasan lain kenapa harus mengaplikasikan badan usaha dalam format PT karena para pengusaha juga bisa lebih gampang untuk menjalin kekerabatan kerjasama bisnis, bagus di dalam negeri ataupun dengan para pemodal asing yang berminat menanamkan modalnya.

Memiliki perusahaan sendiri tentunya sangat diinginkan oleh segala orang. Apalagi, sekiranya perusahaan tersebut bisa mendatangkan keuntungan yang besar, dan memiliki karyawan dalam jumlah yang banyak.
Ketetapan-ketetapan dalam mendirikan PT telah dipegang dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 perihal Perseroan Terbatas, namun disini akan kami uraikan secara singkat beberapa hal yang bisa dikerjakan untuk bisa memenuhi beraneka persyaratanya.

Mungkin kamu menduga kalau mendirikan PT itu sulit. Namun terbukti, membikin PT itu sangatlah mudah. Terdapat beberapa tahapan dan proses yang sepatutnya kamu lalui ketika mendirikan PT. Berikut penjelasannya.

1. Siapkan data pendirian PT

Nama perusahaan merupakan sebuah identitas yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan beraneka tipe produk ataupun layanan perusahaan. Dengan nama inilah citra perusahaan akan senantiasa merekat dibenak konsumen sehingga mereka dapat setia kepada perusahaan.

Untuk memilih sebuah nama, pilihlah yang gampang diingat dan tidak panjang-panjang, seperti PT Sukses Bersama Sejahtera, dan lain-lain. Minimal gunakan dari 3 kata, dan tidak memakai nama yang telah dipakai oleh perusahaan lain serta tidak mengandung unsur bahasa asing untuk PMDN. Lalu, ditentukan juga jajaran pengurus yang terdiri dari unsur direktur dan komisaris. Sekiranya ada lebih dari satu direktur, maka semestinya ditentukan direktur utamanya begitupun berlaku untuk komisaris.

2. Membuat akta pendirian di notaris

Akta pendirian seharusnya dimiliki oleh tiap-tiap perusahaan yang sudah berbentuk PT. Karena, akta inilah yang memiliki badan aturan dan terdaftar di Kemenkumham. Apabila semua kelengkapan untuk mendirikan PT yang sudah disebutkan diatas sudah terpenuhi, langkah berikutnya para pendiri dapat mengajukan Permohonan Akta Pendirian PT terhadap Notaris atau memberikan kuasa terhadap salah satu pendiri atau memberikan kuasa terhadap orang lain yang telah dipercayai.

3. Pengesahan SK Kemenkumham

Setelah membikin akta pendirian, karenanya notaris akan mengajukan pengesahan atas nama badan aturan PT kamu ke Kemenkumham. Kemudian, akan dikeluarkan surat keputusan pengesahan badan aturan PT, sehingga PT itu sudah sah dan diakui oleh negara.

4. Menentukan para pendiri PT

Sebagai salah satu badan usaha bersama, untuk dapat mendirikan PT dibutuhkan minimal dua orang warga negara Indonesia (apabila PMDN) sebagai Pendiri Perusahaan. Apabila mau melibatkan warga negara asing karenanya pelibatannya hanya boleh sebatas sebagai penanam modal dalam rangka Penanaman Modal Asing (PMA).

Saat mulai mendirikan PT, para pendiri diwajibkan menyertakan modal/saham yang berikutnya dapat disebut sebagai Pemegang Saham dalam perseroan. Para pendiri ini juga dapat diangkat sebagai Direktur atau Komisaris, apabila anggota Direksi atau Komisaris lebih dari satu orang karenanya salah satu dapat diangkat menjadi Direktur Utama atau Komisaris Utama.

5. Menyiapkan tempat/kedudukan perusahaan, atau domisili perusahaan

Tempat kedudukan Perseroan Terbatas dapat berada di tempat kota atau kabupeten dalam wilayah Republik Indonesia yang ditentukan dalam anggaran dasar pendirian. Domisili perusahaan akan lebih bagus apabila berada di lingkungan komersial (non perumahan) seperti gedung perkantoran maupun Ruko/Rukan. Untuk mempertimbangkan keberadaan tempat kedudukan perusahaan lazimnya akan diminta bukti IMB dan bukti sewa/kontrak atau bukti kepemilikan tempat usaha (apabila milik sendiri).

Izin lokasi atau domsili Perusahaan juga dibutuhkan guna kelengkapan pendaftaran PT, Permohonan izin lokasi domisili perusahaan dapat diajukan melalui Kantor Kelurahan setempat sesuai dengan domisili kantor perusahaan berada atau sekarang bisa melalui OSS. Domisili perusahaan dibutuhkan selain sebagai bukti keterangan domisili perusahaan juga diterapkan untuk progres pendaftaran dan perizinan lainnya.

6. Mengurus NPWP di kantor pajak

Mengurus NPWP juga jadi salah satu langkah yang sepatutnya dijalankan dalam mendirikan PT. NPWP yaitu nomor pokok sepatutnya pajak yang digunakan sebagai pertanda pengenal perusahaan tersebut atau identitas sepatutnya pajak dalam melakukan hak dan keharusan perpajakannya. NPWP terdiri dari 15 digit angka, di mana 9 digit pertama yaitu kode sepatutnya pajak, dan 6 digit berikutnya yaitu kode administrasi.

7. Mempertegas maksud dan tujuan didirikannya perusahaan

Banyaknya bidang usaha menuntut para pendiri PT untuk menentukan secara tegas dan terang semenjak awal mengenai bidang usaha yang akan dijalankan. Setelah ditetapkan ruang lingkup usaha yang dipilih, maka sepatutnya ditetapkan pula maksud dan tujuan perseroan didirikan.

Secara garis besar Bidang Usaha yang dapat dijalankan oleh Perseroan Terbatas dibagi menjadi dua, yaitu Bidang Usaha Biasa dan Bidang Usaha Khusus. Bidang Usaha Biasa mencakup perdagangan biasa dan jasa, sedangkan Bidang Usaha Khusus mencakup usaha di bidang tertentu (khusus) yang perizinannya juga sepatutnya dimohonkan ke instansi khusus seperi halnya SIUJK (surat izin usaha jasa konsutrksi) ataupun TDUP (tanda daftar usaha pariwisata).

8. Mengurus izin usaha

Setiap perusahaan sepatutnya membuat izin usaha, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). SIUP ini yaitu surat izin usaha perdagangan dan jasa.

9. Mempersiapkan modal perusahaan

Untuk dapat mendirikan PT, para pendiri yang akan ditetapkan sebagai pemegang saham perseroan sepatutnya menentukan besarnya modal dasar dengan ketentuan minimal Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah). Selain itu juga menempatkan dan menyetorkan modal dengan ketentuan paling sedikit 25% (duapuluh lima persen) dari modal dasar. Untuk awal mendirikan PT, Ketentuan jumlah pemegang saham minimal 2 orang. Mengenai modal Perseroan Terbatas ini tercantum dalam pasal 31 dan 32 Undang-Undang PT Nomor 40 tahun 2007.

10. Mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha)

NIB atau Nomor Induk Berusaha, yang memuat hal-hal yang sepatutnya didaftarkan oleh tiap perusahaan, serta disahkan oleh pejabat yang berwajib. Dalam mendirikan PT, pengerjaan ini sepatutnya dijalankan dengan bagus sebagai kantor pusat atau kantor cabang. Khusus kantor cabang, maka sepatutnya dibuat akta cabang dengan menunjuk siapakah pemimpin cabang.

Baca Juga : Biro Pembuatan Izin Usaha Jakarta

Jasa Pendirian PT di Jakarta Timur

Ragam-Ragam Perseroan Terbatas (PT)

Secara garis besar, terdapat enam macam Perseroan Terbatas atau PT yang mana setiap macam perusahaan PT ini mempunyai keunikannya sendiri Jasa Pendirian PT di Jakarta Timur. Berikut ini yaitu macam-macam perusahaan PT.

1. Perseroan Terbatas Terbuka

Perseroan terbuka yaitu suatu Perseroan terbatas yang telah melakukan penawaran umum atas sahamnya atau telah memenuhi prasyarat dan telah memproses dirinya menjadi perusahaan publik, sehingga mempunyai pemegang saham publik, dimana perdagangan saham telah bisa dijalankan di bursa-bursa efek. Terhadap perusahaan terbuka ini berlaku, bagus UUPT maupun Undang-Undang perihal Pasar Modal.

Perseroan Terbatas Terbuka (TBK) disebut juga dengan PT yang go-public sebab penanaman modalnya terbuka untuk masyarakat luas. PT terbuka menjual sahamnya ke khalayak via pasar modal (go public).

2. PT Tertutup

PT tertutup yaitu macam Perseroan Terbatas yang tak memperjual-belikan saham-sahamnya kepada masyarakat luas. Modal PT tertutup berasal dari kalangan tertentu saja, misalnya sahamnya dari kerabat dan keluarga saja.

Jasa Pendirian PT di Jakarta Timur

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Semua jenis badan usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berdasarkan pengertian di atas, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas (PT).

1. Kelebihan Perseroan Terbatas

a. Perseroan Terbatas merupakan badan hukum sehingga kelangsungan hidupnya terjamin, meskipun terjadi pergantian pemilik.

b. Para pemilik saham hanya bertanggungjawab sebesar modal yang ditanamkan.

c. Pemindahan saham dari satu pemilik saham kepada pemegang saham lainnya dapat dilakukan dengan mudah.

d. Perseroan Terbatas dapat memperluas usahanya dengan mudah karena kemudahan dalam mendapatkan tambahan modal.

e. Sumber-sumber modal Perseroan Terbatas dikelola oleh para spesialis sehingga penggunaannya lebih efektif dan efisien.

2. Kekurangan Perseroan Terbatas

a. Pendirian Perseroan Terbatas membutuhkan biaya yang cukup besar.

b. Proses pendirian Perseroan Terbatas cenderung lebih sulit dibandingkan jenis badan usaha lainnya.

c. Sebagian pemegang saham sering menganggap perusahaan Perseroan Terbatas merahasiakan keuntungan yang didapatkan.

Baca Juga : Jasa Pengurusan Perizinan Usaha Jakarta

Hubungi Kami

Akulegal adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa perizinan untuk pendirian perusahaan seperti pendirian PT, CV/firma, yayasan, PMA dan pendirian badan usaha lainnya maupun pembaruan perizinan perusahaan.

Apa kamu seseorang yang ingin memulai membantu sesama dengan mendirikan sebuah Usaha? Tenang aja kami dapat membantu kamu.

Segera konsultasikan masalah dan kendala kepada AKULEGAL Jasa Pendirian PT di Jakarta Timur. Kami siap membantu menangani semua masalah anda.

Hubungi: (021) 5290 5299
Telp: 08 111 0540 111
Email: admin@akulegal.com
Web: https://www.akulegal.com
Kerja Senin – Jumat: 8:00 – 17:30
(Telepon sampai 24 Jam)
Alamat: Gedung Setiabudi 2, Jl. HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan 12920

Share on whatsApp
Share on facebook

Leave a Replay

Leave a Replay

Your email addres and phone number will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email

Silahkan isi form dibawah ini. Terima kasih :)