Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta

Jasa pendirian yayasan di jakarta

Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta, Yayasan yaitu suatu badan hukum yang memiliki maksud dan tujuan yang bersifat sosial, kemanusiaan dan keagamaan, pengajaran dan lainnya.

Ada beberapa tata tertib dalam yayasan juga berlandaskan hukum yang kuat. Sehingga orang tidak bisa sembarangan menggunakan dan mengurusnya.

Dasar tata tertib yayasan yaitu Undang – Undang No.28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-undang No.16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Tertib Pemerintah No. 63 Tahun 2008 tentang Kerja Undang-undang tentang Yayasan.

Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta

Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta

Yayasan berdasarkan Pasal 1 angka 1 UU Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota.

Atas dasar tersebut, maka maksud dan tujuan dari yayasan wajib layak dengan undang-undang yaitu untuk menempuh tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan; bersifat sosial, keagamaan, dan kemanusiaan; serta maksud dan tujuan wajib dicantumkan didalam anggaran dasar yayasan.

Dengan demikian maka yayasan tak bisa didirikan dengan maksud dan tujuan selain dari tujuan sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Badan hukum yayasan terdiri dari tiga organ yaitu pembina, pengurus, dan pengawas. Yayasan tak memiliki member karena yayasan tak terdiri dari sekutu-sekutu seperti CV atau pemegang saham dalam Perseroan Terbatas atau badan usaha lain yang digerakkan oleh member-anggotanya.

Selayaknya suatu badan hukum, yayasan memiliki kekayaan tertentu yang terpisah dari harta pendirinya.

Kekayaan tersebut berupa aset yang diperoleh dari modal permulaan pendiri yang telah dipisahkan dan dimasukkan ke dalam harta yayasan.

Harta kekayaan permulaan yayasan yang dimasukkan oleh pendiri bisa berupa uang atau barang. Tujuan dikerjakan pemisahan yaitu agar untuk memperjelas bahwa kekayaan permulaan dari yayasan tak lagi menjadi bagian dari harta pribadi atau harta bersama pendirinya.

Tujuan Yayasan

Pendirian yayasan memiliki tujuan yang jelas baik itu di bidang sosial, pendidikan dan lainnya. Tujuan pendirian yayasan juga harus dicantumkan dalam AD/ART yayasan. Adapun tujuan yayasan menurut UUY adalah:

1. Untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan.

2. Yayasan harus bersifat sosial, keagamaan, dan kemanusiaan.

3. Maksud dan tujuan yayasan wajib dicantumkan dalam anggaran dasar yayasan.

Baca Juga : Jasa Pendirian CV di Jakarta

Bentuk-Bentuk Yayasan

Jenis Yayasan di Jakarta

Berikut ini bentuk-bentuk yayasan yang harus Anda ketahui:

1. Yayasan Bidang Sosial

Ini yakni sebuah bentuk atau tipe yayasan yang akan bergerak pada institusi sosial, baik institusi sosial non formal ataupun institusi sosial yang formal.

Hal tersbut yakni tipe yayasan yang akan berupa sebuah panti jompo, poliklinik, rumah sakit, panti asuhan, penelitian dan lab yang nantinya bisa menunjang pergerakan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

2. Yayasan Bidang Kemanusiaan

Seperti halnya badan usaha milik desa, yayasan yang bergerak di bidang sosial ini yakni sebuah yayasan yang akan memberikan bantuan dan kepedulian kepada berjenis-jenis aksi kemanusiaan.

Seperti pemberian bantuan kepada pengungsi, korban dari berjenis-jenis bencana alam, fakir miskin, tuna wisma. Pembuatan rumah duka dan rumah singgah sehingga bisa menjadi sebuah organisasi yang yang melestarikan dan memberikan perlindungan kepada yang memerlukan.

3. Yayasan Bidang Keagamaan

Ini yakni tipe dari yayasan yang akan menjalankan pengelolaan kepada berjenis-jenis rumah ibadah, madrasah, beberapa pondok pesantren dan berjenis-jenis empat yang berhubungan dengan keagamaan lainnya.

Persyaratan Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta

1. Fotocopy KTP Pendiri dan Pengurus.

2. Fotocopy NPWP Pendiri dan Pengurus

3. Surat perjanjian sewa (jika kantor sewa) atau sertipikat tanah atau sejenisnya (jika milik sendiri)

4. IMB dan PBB Kantor

5. Surat Keterangan Domisili dari Pengelola Gedung (jika di Komplek Perkantoran).

6. Bukti Setoran Kekayaan Awal Yayasan.

7. Surat Pernyataan Para Pendiri Tentang Keabsahan Kekayaan Awal Yayasan.

Baca Juga : Jasa Pendirian PT di Jakarta

Hubungi Kami Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta – Akulegal

Apa kamu seseorang yang ingin memulai membantu sesama dengan mendirikan sebuah yayasan? Tenang aja kami dapat membantu kamu.

Segera konsultasikan masalah dan kendala kepada AKULEGAL Jasa Pendirian Yayasan di Jakarta. Kami siap membantu menangani semua masalah anda.

Hubungi: (021) 5290 5299
Telp: 08 111 0540 111
Email: admin@akulegal.com
Web: https://www.akulegal.com
Kerja Senin – Jumat: 8:00 – 17:30 (Telepon sampai 24 Jam)
Alamat: Gedung Setiabudi 2, Jl. HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan 12920

Share on whatsApp
Share on facebook

Leave a Replay

Leave a Replay

Your email addres and phone number will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email

Silahkan isi form dibawah ini. Terima kasih :)